Bagaimana Sejarah Batik di Kota Jepara

sejarah asal batik jepara



Sejarah Singkat Batik di kota Jepara


Menurut sejarah, awal tercetusnya batik di Jepara yaitu pada masa atau jaman kepemimpinan Ratu Kalinyamat. Pada masa itu Ratu Kalinyamat yang menjabat sebagai penguasa yang disegani di Jepara, beliau pernah memberikan sesembahan atau penghormatan kepada Joko Tingkir yang pada saat itu singgah ke Jepara.

Sesembahan yang diberikan oleh Ratu Kalinyamat kepada Joko Tingkir adalah selembaran kain yang berbentuk kain batik, tetapi pada masa itu namanya sendiri bukan batik tetapi kalijaga tetapi proses pembuatannya sama dengan batik.

Tokoh dibalik Perkembangan batik Jepara


Batik sendiri baru berjaya dan dikenal oleh masyarakat luas yang ada di Jepara yaitu pada masa R.A Kartini. Beliau belajar membatik dari ibunya yang bernama ibu Ngasirah.

Dulu kegiatan batik membatik dilakukan di pendopo kabupaten. Setelah R.A Kartini mahir membatik, beliau kemudian mengajari penggowo atau abdi dalem yang ada di pendopo kabupaten untuk ikut membatik juga.

Selain itu juga R.A Kartini juga mengajari masyarakat sekitar khususnya para wanita untuk ikut membatik juga. Sejak saat itu para wanita memiliki mata pencaharian tersendiri yaitu membatik. Motif-motif batik yang diciptakan oleh R.A Kartini merupakan motif-motif Mataram (Priyanto, Hadi.,2014: 6).

Hingga pada tahun 1898 R.A Kartini dan kedua adiknya yaitu Rukmini dan Kardinah mengirimkan karya-karyanya untuk ikut Pameran Nasional Karya Wanita atau Nationale Tentoonstelling voor vrouwnarbeid yang diselenggarakan di Den Haag Belanda (Priyanto, dkk., 2013: 32).

Karya-karya Kartini disana sangat di kagumi dan mendapat perhatian khusus dari Sri Ratu Wilhelmina dan Ibu Suri Ratu Emma, yang sangat menghargai semua jerih payah R.A Kartini dan kedua saudaranya tersebut.

Untuk melestarikan budaya lokal yaitu batik, di setiap kesempatan R.A Kartini selalu memakai kain batik buatan sendiri, hal ini dilakukan untuk mengenalkan budaya lokal yang ada di Jepara ke dunia luar.

Itulah sedikit artikel tentang sejarah batik jepara, menurut kami yang sangat berpengaruh untuk meneruskan karya-karya batik RA Kartini adalah para pelaku usaha Batik Jepara. Salah satunya Batik Jepara Baladewa adalah Produsen batik yang  secara khusus membuat batik dengan motif - motif khas kota Jepara.

Terima kasih sudah membaca, jangan lupa share artikel agar libih bermanfaat.

Komentar (1)